Sipoholon

sipoholon dari bawah
Tidak jauh dari lokasi sumber Air Soda alami yang berada dikota tarutung, sumber air panas belerang yang indah ini juga memiliki keunikan tersendiri menurut saya. Sumber air panas belerang sipoholon namanya, terletak di pinggir jalan besar lintas tapanuli tengah - medan sumber air panas ini sangat mudah dijangkau dan menarik untuk dikunjungi. Keunikan dari sibaholon dia memiliki batu-batu belerang yang berwana-warni dan airnya pun cukup aman untuk di buat mandi, bahkan dijadikan sumber pemandian air panas yang ditampung oleh beberapa rumah makan dan penginapan yang berada dilokasi sekitaran kawah belerang tersebut. Anak-anak penduduk sekitar menjadikan kolam-kolam belerang tersebut sebagai tempat mereka bermain, berenang dan mandi pada waktu sore hari. Selain itu Sipoholon juga memiliki kawah belerang yang menarik, ada yang menyerupai air terjun, kolam-kolam kecil dan lubang-lubang yang menyemburkan air panas bumi. Tapi sayang saat saya berkunjung kesana, lokasi sumber air panas belerang tersebut sebagian sudah di jadikan area tambang entah itu tambang ilegal atau legal saya kurang tahu yang jelas banyak sekali truck-truck yang menambang tanah, batu hilir mudik keluar masuk area tersebut.
sipoholon dari atas

Sayang sekali jika kedepanya keberadaan sumber air panas belerang sipoholon sampai rusak. Sampai saat ini memang sipoholon bukan merupakan tempat wisata yang dikelola oleh swasta ataupun pemerintah, kita bebas berkunjung kesana dan tidak dikenakan biaya masuk untuk bermain-main ke area kawah sumber air panas belerang tersebut.
sipoholon dari samping

Komentar

  1. ouwooooo fotonya keren abizzz....

    BalasHapus
  2. sibaholon adanya di sisi jalan ya mas. woww, pasti keren banget ya dilihatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul pak, dari pinggir jalan udah bisa kelihatan asap kawahnya,

      mari pak kesini nanti saya ajakin lan jalan kesitu :)

      Hapus
    2. tapi ongkos pesawat mahal je sekarang mas, hehe

      Hapus
  3. saya pikir slama ini namanya SiPaholon loh, tnyata siBAholon...tapi emng sayang sih daerah wisata air soda ini ga dikelola scr baik :-( tipikal potensi wisata di huta ta

    BalasHapus

Posting Komentar

Berkomentarlah tanpa masalah..

Postingan populer dari blog ini

of monsters & men - little talks

si bos kuda lari

Tongging dan Uang Kertas Seribu Rupiah Tahun 1992