Kejarlah ilmu sampai ke atas becak


" Kejarlah ilmu sampai ke negri china " istilah itu sering kita dengar, sebuah istilah agar kita semua selalu semangat dalam menggapai ilmu setinggi-tingginya. Disini semangat itu terasa tertanam dalam benak adek-adek yang sangat bersemangat untuk menggapai ilmu walau harus melaluinya dengan taruhan keselamatan jiwanya. 

Setiap pagi dan siang saat brangkat atau pulang sekolah mereka harus berebut transportasi yang memang disini masih agak minim. Untuk sekolahan yang terletak di kecamatan-kecamatan mereka kebanyakan berangkat dan pulang sekolah sebagian dengan berjalan kaki atau bersepeda. 

Dan untuk kota-kota kecil yang di kabupaten sebagian sudah memiliki transportasi umum tapi hampir keseluruan trasportasinya adalah becak/bentor. Bis ada, tapi hanya jalan pada jam-jam tertentu saja dikarenakan mereka sebaian besar bis lintas sumatera. 

Maka tidak ada pilihan lain selain harus berebut becak/bentor yang seharusnya hanya untuk 2 penumpang tapi pada saat jam brangkat dan pulang sekolah becak tersebut bisa mangangkut 6 penumpang pelajar sekolah. Bahkan saya saja yang melihatnya agak takut, ya tapi itulah gambaran semangat adek-adek kita di sini dalam menggapai ilmu. 


Bagi mereka berangkat/pulang sekolah naik dan duduk di atas becak atau berdesak-desakan di mobil pick up sudah biasa dan tidak ada rasa takut sedikitpun..... ahhh negara ini asyik sekali :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

of monsters & men - little talks

si bos kuda lari

Tongging dan Uang Kertas Seribu Rupiah Tahun 1992