Kawah Putih Tinggi Raja

kawah putih tinggi raja atau sering disebut juga salju panas oleh warga sekitar merupakan sebuah kawah belerang yang terletak di dalam kawasan cagar alam di kecamatan silau kahen kabupaten simalungun provinsi sumatera utara. 
Didalam cagar alam tersebutlah terletak sebuah keindahan alam yang tersembunyi.

Legenda
kawah putih tinggi raja
Menurut cerita legenda masyarakat sekitar kawah, dahulu kala terdapat seorang raja yang memiliki orang tua yang sudah tua renta. Seperti biasanya sang raja tersebut selalu mengirim makanan untuk orang tuanya. Suatu ketika sang raja akan mengirim makanan yang lezat untuk orang tuanya, maka sang raja memerintahkan seorang petani aren yang kebetulan rumahnya berdekatan dengan rumah orang tua sang raja. Dalam perjalananya sang petani tersebut merasa sangat lapar dan dengan sangat lancang dan berani makanan yang dititipkan sang raja untuk diberikan kepada orang tuanya malah dimakan oleh petani aren tersebut dan hanya disisakan tulang belulang dan sedikit nasi yang sudah dimakan petani tersebut. Sesampainya dirumah orang tua raja makanan tersebut diberikan ke orant tua raja, setelah dibuka oleh orang tua raja seketika itu juga orang tua raja marah dan murka melihat kiriman sang raja yang hanya berupa nasi bekas dan tulang belulang. Maka orang tua raja tersebut memanggil anak-anaknya untuk diminta membuatkan acara pesta tari-tarian. Dan pada saat acara pesta tari-tarian tersebut terjadi sebuah insiden dimana air panas yang sudah dimasak oleh orang tua raja tumpah dan meluas membanjiri sekitaran daerah pemukiman tersebut. Dan daerah yang dibanjiri air panas inilah yang sekarang konon dipercaya menjadi sebuah kawah panas yang sekarang dikenal dengan nama kawah putih tinggi raja.

kawah putih tinggi raja

Untuk dapat ke kawah putih tinggi raja kita bisa tempuh dari kota medan dengan jarak kurang lebih 95 km dengan menggunakan kendaraan pribadi roda empat atau roda dua. Dikarenakan akses jalan yang masih kurang bagus ditambah letak kawah panas tinggi raja berada di tengah hutan kita harus menyisiri hutan di area cagar alam simalungun. Memasuki cagar alam tersebut jalanan didominasi dengan jalanan tanah yang bebatuan yang kadang juga kita akan menemui jalan bebatuan yang naik turun. Tapi setelah kita sampai ditempat tersebut, kita akan disuguhi pemandangan yang mempesona dan sangat indah disekitaran kawah belerang tersebut. Air yang berwarna biru jernih dan batu-batu belerang yang membentuk seperti air terjun kecil yang sangat indah nan menawan.

kawah putih tinggi raja
Jika dibenua Eropa tepatnya dinegara Turki mereka mempunyai tempat yang bernama Pamukkale Teraces, dan di benua Afrika di negara Ethiophia mereka punya Dallol, Maka kita di Indonesia mempunya tempat yang bernama Kawah Putih Tinggi Raja :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

of monsters & men - little talks

si bos kuda lari

Tongging dan Uang Kertas Seribu Rupiah Tahun 1992