Tangkahan "The Hidden Paradise"

video amatir saya :)

Tangkahan..... hmmm nama sebuah daerah di sumatera utara terletak diantara Taman Nasional Gunung Leuser terkenal dengan hutan lindungnya dan penangkaran orang utan dan gajah sumatera. Berawal dari seorang teman di medan, dia seorang wanita yang agak laki haha maaf ya Chris : ) mengajak saya untuk tracking & camping ke taman nasional gunung leuser, tawaran itu ga saya sia-siakan :)

Tangkahan Inn
Dari kota padangsidimpuan malam hari perjalanan saya menuju ke kota medan dengan menempuh jalan darat sekitar 12 jam via bus, Sampainya di medan saya menuju ke tempat teman. sesampainya di kediaman teman saya tadi, saya disambut dengan sarapan yang agak kesiangan yang sebelumnya sudah saya pesan yaitu mie balap 2 bungkus hmmm langsung kenyang hehehe thanks ya chris mie balapnya hehehe :) Disitu kita masih menunggu rombongan lainya dimana nanti kita akan berangkat ketangkahan bersama.

Air terjun tangkahan
Dari medan kita berangkat sebelum sholat jum'at dan sampai di tangkahan sekitaran jam 4 sore. setelah bermalam di tempat pondoknya bang darwin di tangkahan barulah besok paginya hari pertama perjalanan untuk menelusuri sungai-sungai yang ada di taman nasional itu dimulai, diawali dengan mendatangi sebuah air terjun,, ahh saya lupa nama air terjunya tapi yang pasti air terjunya bagus, walau debit air terjunya waktu itu agak kurang besar. perjalanan menuju air terjun itu kita lalui lewat jalur sungai dengan menggunakan ban dalam (Tubbing) sekitar 20menit kita menelusuri sungai dengan arus jeramnya waktu itu tidak begitu deras tapi sangat menyenangkan. Sore harinya barulah kita bermain-main dengan gajah yang ada di tangkahan. Memandikan gajah, memberi makan gajah, dan gantian kita juga di mandiin sama gajah aaahhhh saya suka sekali gajah hehehe :)

Mandiin gajah
Malam harinya kita membuat api unggun sembari bakar-bakar jagung, ngopi, bernyanyi, ada yang curhat dipinggir sungai dan bercerita satu dengan yang lainya. Secara keseluruhan saya sangat menikmati malam itu, suara air sungai yang mengalir, suara hutan yang dan binatang-binatang didalamnya, suara serangga malam hhmmmm sangat damai. Sampai akirnya malam sudah mulai larut dan satu persatu teman sudah terlelap saya masih dengan keinginan saya melihat bulan yang berharap bisa muncul pada malam itu, tapi awan mendung lebih dominan menyelimuti langit pada malam itu, is okey setidaknya saya masih dapat melihat beberapa bintang yang muncul malam itu dan seperti dinina bobokan oleh suara air sungai, suara jangkrik dan angin malam itu akirnya saya terlelap hingga pagi ditepi sungai.
Dimandiin gajah
Paginya hari kedua, kita bermain-main lagi disekitaran hutan, menelusuri sungai dan ke tempat habitat kupu-kupu sungai, baru kali ini saya melihat kawanan kupu-kupu cantik dengan jumlah yang sangat banyak bergerombol di pinggiran sungai a very beautiful place

Habitat kupu-kupu
Dan itulah pengalam pertama saya di Taman Nasional Gunung Leuser Tangkahan, sebuah tempat yang mumgkin masih belum banyak orang lokal tahu tapi sanagat indah. di tangkahan lebih banyak wisatawan asing dari berbagai negara dari pada wisatawan lokal, dan mereka menyebutnya