Danau Toba

visit INDONESIA, danau toba

Danau toba....hhmmm dulu saya mengenalnya dari gambar-gambar kalender dan majalah-majalah yang pernah saya baca. dan sekarang saya betul-betul melihat dan merasakan kemegahan danau ini. Danau yang terletak di pulau sumatera utara ini merupakan danau terluas dan terbesar di Indonesia, bahkan danau vulkanik terbesar di dunia. Danau ini pun menjadi danau terdalam ke 2 di Indonesia dan terdalam ke 15 di dunia. Berada di ketinggian 905m panjang danau toba mencapai 100 km dengan lebar 30 km dan kedalaman mencapai 505m pada titik terdalam. Luas permukaanya mencapai 1.130 km2 dengan volume air mencapai 240 km3. Selain menjadi danau terbesar di Indonesia, danau toba memiliki keunikan dengan keberadaan pulau samosir di tengahnya. hehe ngomongnya udah kayak peneliti danau vulkanik ajah ya saya :) informasi tadi saya tahu ketika saya datang di museum yang menyimpan sejarah danau toba dan sejarah budaya batak yang ada di kota balige :)

Nah tadi bicara sedikit tentang danau toba dan keberadaanya, dan beberapa bulan yang lalu seorang sahabat datang dari jakarta ingin melihat kemegahan danau toba secara langsung. Pagi itu saya dan si sayf berangkat bari kota pematangsiantar dengan menggunakan sepeda motor atau kereta kalo orang siantar bilang :) dengan menempuh jarak 1 jam menggunakan sepeda motor kita berdua sudah sampai di parapat. ngopi-ngopi sebentar di pinggiran danau toba, dan setelah menghabiskan kopi kita berdua melanjutkan perjalanan ke pelabuhan penyebrangan aji bata, karena kita berencana akan bermalam sehari di pulau samosir. Kurang lebih satu jam penyebrangan itu di tempuh dengan kapal verry dan kita sampai di pelabuhan tomok di pulau samosir, karna waktu itu cuaca agak mendung kita memutuskan untuk mencari penginapan dahulu di desa tuk-tuk. Desa tuk-tuk merupakan kawasan wisata yang menyediakan penginapan-penginapan murah sampai yang mahal, dan di desa tersebut banyak sekali wisatawan-wisatawan dari mancanegara menghabiskan liburanya di samosir. Karena kita hanya punya waktu satu hari jadi kita berdua hanya bisa mengexplore danau toba sebagian saja, padahal banyak tempat-tempat yang indah jika kita bisa mengexplore danau toba dan pulau samosir semuanya. 

Tapi karena keterbatasan waktu dan biaya waktu itu kita berdua hanya bisa bermalam sehari dan pulang ke esokan harinya, dengan sedikit hunting foto dan video akirnya sahabat saya safy pulang kembali ke jakarta sembari bilang.. "kapan-kapan lagi kita kesini dan bikin video yang bagus ya rul" dan saya menganggukan kepala hehehe..:) 

Nb: video youtube by sayf al hakam

Komentar

  1. saya pernah sekali kesana. yang saya sayangkan transportasinya dari medan ke toba, nggak begitu asyik ya mas, naik minibus tua yang mengharubiru. kalo buat kita sih mungkin asyik banget, tapi kalo udah bawa pasangan/istri atau anak-anak, jadi nggak asyik.

    BalasHapus
  2. pak zach : hehe sekarang transportasi ke toba sudah banyak pilihan pak, bisa dgn bis,taxi (semacam elf) cm sekarang yg jadi masalah jalanan yg menuju ke toba ada beberapa yg kurang bagus hehehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Berkomentarlah tanpa masalah..

Postingan populer dari blog ini

of monsters & men - little talks

si bos kuda lari

Tongging dan Uang Kertas Seribu Rupiah Tahun 1992