Hutan "Asap"


Siang ini masih seperti biasanya, sudah hampir sepekan kota ini diselimuti kabut asap dari hutan yang terbakar atau dibakar saya kurang tahu tepatnya, tapi menurut cerita masyarakat disini hutan-hutan itu memang sengaja dibakar untuk dibuka sebagai lahan sawit. Tadinya saya pikir kabut asap ini ga sampai lama dan mengganggu tapi ternyata samapi sejauh ini sudah sangat mengganggu dan bahkan pemerintah sampai mengeluarkan peringatan "BAHAYA" hanya peringatan aja "tanda kutip" Sampai sekarang efek dari itu semua mulai terasa. dari yang mulai hidung terasa panas, tenggorokan terasa perih dan di dada agak mulai sesak kalo bernafas. sekolah-sekolah ada yang sebagian diliburkan tapi untungnya masih ada warung makan yang buka :)

Pada malam hari kabut asap disini semakin tebal ditambah setiap malam pemadaman listrik dilakukan oleh PLN dikota ini, saya tidak tau alasan pemadaman setiap malam minimal 5jam setiap harinya. bisa dibayangkan kota ini waktu malam hari gelap dan berasap, seperti kota gotham dalam film batman hehe..

Dan kalo dilihat dari sejarah-sejarah sebelumnya sudah lebih dari 17 tahun bencana kabut asap terus melanda pulau sumatera setiap tahunya, dan itu pastinya akan mengganggu kelangsungan hutan itu sendiri dan berbagai macam manfaat hutan itu sendiri bagi manusia. jutaan masyarakat dari ibu-ibu dan anak-anak terganggu kesehatanya.

Pembukaan hutan dan lahan gambut yang menjadi akar masalahnya, sudah saatnya dihentikan dan diberikan perlindungan menyeluruh. Karena sudah jelas, keuntungan yang diperoleh hanya untuk segelintir orang/pihak dari perusakan lingkungan tersebut yang hanya akan merugikan jutaan orang lainya. Jangan sampai hutan sumatera hanya tinggal cerita seperti yang sedang terjadi dengan harimau sumatera.

sumber poto: www.greenpeace.org

Komentar

  1. wuihhh aq mau ke gothammm... hahaha

    sabar yaa asap akan segera berlalu

    nasib binatang itu miris banget :(

    ntah mau di apain lagi, supaya org2 ni bisa mengerti ekosistem alam ya kan __"

    BalasHapus
  2. @christina anggreani :
    masa2 kegelapan udah berlalu hari ini setelah dua hari diguyur hujan dan dengan sendirinya kota ghotam menghilang :)

    padahal harimau jawa dan harimau bali sudah punah, tinggal harimau sumatra aja yang sekarang ada tp sedang terancam juga rumahnya :(

    BalasHapus
  3. ada pemedaman listrik juga yang konsisten rupanya ya Mas? walahh, saya bisa membayangkan, pasti nyebelin banget

    BalasHapus
  4. @pak zachflazz :
    hehehe disini hampir dipastika pasti tiap hari pak pemadamanya pak..dan PLN di sini konsisten banget :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Berkomentarlah tanpa masalah..

Postingan populer dari blog ini

of monsters & men - little talks

si bos kuda lari

Tongging dan Uang Kertas Seribu Rupiah Tahun 1992