Desember 2012 dan persahabatan

video by SayF al Hakam

Hari ini tanggal 02 januari 2013 tahun baru buat dunia dan tahun baru buat saya :) terima kasih tuhan untuk nikmat yang di berikan selama ini. dan doa saya di penghujung tahun 2012 adalah saya ingin menutup jalan-jalan saya tahun 2012 untuk bisa mengunjungi taman nasional baluran dan gunung ijen. dan doa saya di kabulkan, matur suwon gusti.

dan buat saya perjalanan kemaren sangat luar biasa, bukan hanya karna jarak tempuh yang lumayan jauh (karna saya menggunakan transportasi darat/ngebis) begini urutanya :)
perjalanan dimulai dari terminal terboyosemarang jam 20.30 wib menuju terminal bungur asih surabaya tiba pukul 04.00 wib istirahat sebentar pukul 05.00wib saya lanjutkan menuju kota jember, sampai kota jember pukul 11.30 wib, dari kota jember kami oper lagi menuju kota bondowoso, sampai di terminal bondowoso pukul 12.30 wib saya cari makan siang sebentar sembari nunggu angkutan yang menuju paltidung. tapi dari terminal bondowoso cerita persodaraan kita dimulai, saya berrtemu dengan dua pendaki wanita asal jakarta Fitri dan Suci dan kedua wanita itu sedang menunggu temanya yang dari bandung seorang pendaki dan freedive handal Sayf Basyarahil disitulah perteman kami di mulai, dan berhubung angkutan yang menuju ke paltuding hanya ada sehari sekali dan itupun hanya brangkat jam 05.00 wib, akirnya kita sepakat untuk patungan carter elf menuju paltuding start dari terminal bondowoso 01.00 wib menuju paltuding (pos I untuk mendaki gunung ijen) sampai paltuding pukul 04.00 wib, sesampainya di situ kita laporan ke pos penjagaan untuk di daftar nama kita masing-masing.

kita cari makan, sholat, bercerita ngalor ngidul sembari ngopi banyuwangi di temanin kabut dan hujan, sampe akirnya kita berkenalan lagi dengan seorang pecinta pantai, hutan, gunung lengkap banget pokoknya dia punya hobi :) Daniel pemuda asal jember ini janjian sama anak-anak backpeker asal jakarta yang katanya dateng jam 21.30 wib 3 elf, ngobrol cerita pengalaman masing-masing ga kerasa udah pukul 00.00 wib, waktunya kita persiapan untuk mulai perjalanan ke kawah ijen. dan pukul 01.00 wib perjalanan di mulai, hawa dingin dan kabut udah mulai menyambut perjalanan kita, tidak lama kemudian ribuan bintang bertebaran di atas kita..inilah yang saya namakan dengan hotel bintang seribu. ga kerasa satu jam kita udah jalan dengan medan yang naik melandai dan satu dari teman kita Fitri berhenti karna ada masalah dengan perutnya yang kram. tapi yang namanya Fitri masih kekeh ga mau istirahat dan perjalanan tetap dilanjutkan walupun dengan muka yang aku pikir pasti dia nahan sakit diperutnya. tanpa sepengetahuan kami wanita yang satu lagi (Suci) ngilang dari grombolan kami, dengan penerangan senter masing-masing kita coba nyari sosok Suci yang kecil tapi lincah. tiba-tiba suara melengking terdengar dari kejauhan sekitar 100m " Fitri ayo semangattt..!!! di puncak ada yang jualan bakso ma sotooo nunggu kita..!! " seketika tawa kita berlima meledak ngelihat kelakuan si suci :D dan muka Fitri yang tadinya pucet jadi semangat lagi hahaha kita berlima jalan sembari berucap..bakso soto bakso soto bakso soto :D

Dua jam perjalanan sudah di lewati dan bau gas belerang sudah mulai menyengat, itu tandanya kita sudah hampir sampe di puncak. oh iya kenapa kita ngambil perjalanan malem, karna kita kepengen melihat langsung pesona blue fire (api biru) yang hanya ada 2 di dunia ( indonesia dan irlandia). dan jam mulai menujukan pukul 03.00 wib kita sudah berada di puncak ijen. bau belerang sangat menyengat hingga tenggorokan dan mata kerasa pedes. kondisi masih gelap dan di selimuti kabut saya dan daniel memutuskan untuk menuruni kawah di mana si api biru itu berada, karna yang lain pengen istirahat sebentar nanti menyusul turun saya mengikuti langkah daniel menuruni bagian dalem gunung ujen, gelap bau beleran yang menyengat dan terjal. membutuhkan waktu 1 jam kami berdua turun di lokasi api biru itu berada..subehanallah TUHAN maha besar dengan segala ciptaanya.

api biru

api biru jepretan sayf

Fenomena ini hanya bisa di abadikan jika kita menggunakan kamera DSLR karna memang membutuhkan resolusi tinggi. dan kamera poket saya hanya bisa menangkap titik-titik biru hehehehe karena gelap :) dan kami berdua akirnya hanya bisa menikmati fenomena blue fire dari kejauhan 10m sembari menikmati wafer tenggo yang saya bawa dari bawah tadi hehehe melotot, kagum, dan berucap subehanallah

dan di situ jugalah para penambang belerang berkumpul untuk mengambil belerang yang di hasilkan dari lava api biru itu. sebuah pekerjaan yang sangat hebat demi untuk menghidupi anak istrinya di rumah, para pekerja itu harus memikul sekira-kiranya 70kg menaiki dan menuruni gunung dengan medan yang terjal, saluuteee

dan jam mulai menujukan pukul 04.30 wib api mulai redup dan berganti menjadi gas belerang, langit mulai terang membiru campur kabut dan ternyata saya berada di dalem perut bumi seperti berada di dalem mangkok raksasa dengan sekeliling batu dan pasir. dengkul udah mulai gemeteran, saya harus naik lagi hingga bibir puncak. saya dan daniel memeng memutuskan untuk sampai terang baru mulai naik, karna di atas tidak berharap untuk menyaksikan sunrise yang sepertinya ga bakalan kelihatan di karenakan cuaca mendung ples kabut. konon menurut para peneliti dari sinilah awal matahari terbit di pulau jawa, bisa kebayangkan indahnya jika matahari itu menampakan diri dengan cuaca yang cerah. untuk melihat sunrise yang paling tepat adalah ketika musim kemarau sekitaran bulan juni sampai agustus. kemaren kami kesana memang pas musim penghujan jadi ga dapet melihat sunrise. di perjalan naik ke atas kami bertemu Fitri dan Suci dia juga ternyata berada di sekitaran blue fire jam 3an, berhubung kondisi gelap kita ga ketemu.

satu jam kami naik menunggu si Deru dan Sayf udah berada di bibir gunung, disinilah hobi Sayf untuk mendokumentasikan alam di mulai.(dia jago menggunakan peralatan fotografi) berkumpulah kita ber enam di puncak ijen untuk bernasis ria huhuhuhuhu :)

punggung ijen

bibir ijen

puncak ijen

si daniel yg berjuang dapetin api biru :)

suci dengan tas kerilnya

istirahat

si deru yang ingin terbang :)

perjalanan turun : fitri & suci

lagi2 mejeng depan kamera

dan saya jg ga mau ketinggalan mejeng :)

mejeng sebelum turun

dan akirnya lompaaaaatt...:)

sebelum kembali ke kota masing2 poto dulu

dan bulan Desember 2012 saya mendapatkan pengalam baru dan sodara-sodara baru, di ijen kami di pertemukan dengan seorang anak-anak muda yang sangat mencitai alam dan keindahan negrinya. kita tidak memandang suku, ras, agama, etnis. kita adalah satu INDONESIA..

Terima kasih untuk:
- Sayf
- Daniel
- Deru
- Fitri
- Suci
- dan saya Pachrur

I'll see you on the journey friend