seribu makna dalam pertemuan singkat


ketika di jogja,saya bertemu dengan seorang bapak-bapak tua. semasa mudanya beliau adalah seorang pecinta alam yang luar biasa, senang bisa mendengarkan sedikit cerita dari bapak tersebut, pak jhon namanya beliau sekarang kadang menjadi presenter sebuah acara traveller di sebuah tv kabel (tv kemanusian) beliau mengajarkan saya mencintai negri ini dengan segala perbedaan yang dimiliki negri ini. menghargai dan menghormati keberagaman adat istiadat yang dimiliki bangsa ini. dari situlah masa mudanya banyak di habiskan untuk mengeksplore negri ini, negri seribu mimpi,seribu dongen dan seribu harapan. tuturnya.

kita punya gunung-gunung yang gagah perkasa
kita punya hutan-hutan yang hebat
kita punya laut-laut yang berlari-lari mengelilingi negri ini 
kita punya penjelajah-penjelajah hebat

dan di akhir pembicaraan beliau berpesan ke saya, kurang lebihnya " jangan coba sekali-kali kau taklukan alam, karna alam bukan untuk di taklukkan. janganlah kau merusak alamu, karna alam tidak akan pandang bulu jika dia marah. jangan berharap alam akan menghargaimu jika kamu tidak mau menghargai dia "


dan saya baru inget setelah saya buka-buka buku perjalanan saya, akan sangat berharganya jika saya bisa menerapkan wejangan-wejangan yang telah pak jhon berikan, sebuah pertemuan singkat yang sangat berharga bagi saya di sela-sela acara jogja carnival waktu itu.

terima kasih pak jhon :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

of monsters & men - little talks

si bos kuda lari

Tongging dan Uang Kertas Seribu Rupiah Tahun 1992