para penantang ombak itu sangat berani dan luar biasa

 mereka berdiri menyambut para ombak 

 mereka berlari dikejar para ombak

para penantang ombak itu sangat berani dan luar biasa,..
kemaren hari sabtu minggu saya bersama teman berkunjung ke daerah wonosari gunung kidul jogjakarta, ini untuk ke emapt kalinya saya berkunjung ke daerah tersebut tapi ini juga untuk pertama kalinya saya mengunjungi sebuah pantai yang merupakan beberapa pantai yang ada di daerah wonosari. memang wonosari memiliki pantai yang sangat banyak mungkin hampir 10 lebih tempat wisata pantai yang ada di daerah ini. dan yang kemaren saya kunjungi adalah pantai indrayanti. merupakan salah satu pantai baru yang di buka untuk umum. dulu orang mengenal pantai di wonosari kalo ga pantai kukup ya pantai baron, tapi sekarang sepanjang bibir pantai di daerah wonosari petunjuk-petunjuk pantai baru mulai bermunculan dan lokasi pantai satu dengan yang lainya tidak terlalu jauh jadi sangat menyenangkan bagi para pecinta pantai..:) tapi dari semua pantai yang ada di daerah wonosari hampir semuanya ombak di situ tidak ada yang di gunakan untuk surfing, padahal ombak di daerah laut selatan sangat dan lumayan besar..saya tidak tau kenapa alasanya hingga tidak ada para surfer untuk menjajal ombak-ombak di pantai selatan dengan papan surfingnya :)

dan kemaren yang saya jumpai di pantai indrayanti adalah para pemburu lobster atau para nelayan lobster sedang beraksi melawan ombak di pantai itu.. menarik sekali melihat cara mereka memburu udang raksasa itu. mereka mengamati ombak dahulu dengan cara berdiri di atas batu-batu karang, seolah-olah mereka sedang akan bermain petak umpet dengan para ombak..:) saat ombak menarikan dirinya kembali ke laut para pemburu lobster itu segera berlarian ke tengah laut dengan membawa semacam beranjang yang berukuran kurang lebih lebar 1meter dan panjang 2meter berbentuk segi empat, setelah mereka berhasil meletakan alat yang saya sebut seperti beranjang tadi di tengah mereka akan segera berlarian lagi ke daratan waktu ombak mulai berdatangan ke bibir pantai. disitulah menarikya menurut saya, seperti bermain petak umpet atau seperti bermain kucing-kucingan dengan ombak hihihi ya semacam itulah cara kerja mereka :) setelah di tunggu hampir 30menit mereka mulai berdiri lagi di atas-atas karang sembari mengintai ombak yang akan datang membawa segerombolan udang lobster yang banyak dan memasukanya ke branjang-branjang yang sudah mereka pasang di tengah tadi..dengan sangat gagah mereka berdiri di atas karang seperti para tentara bar-bar yang siap berperang dengan ombak laut selatan. bahkan saya yang mengamati dari jauh sangat takjub melihat mereka bekerja demi untuk menghidupi keluarganya dengan cara mencari udang-udang raksasa itu,  setelah ombak ombak besar mulai berdatangan kembali ke daratan mereka mulai lompat dari batu-batu karang dan berlarian mengambil beranjang berang yang tadi mereka pasang, dan saya ga tau bagai mana mereka bisa lolos dari terjangan ombak ombak besar pada saat mereka mengambil beranjang tersebut. padahal dari jauh saya melihat saat mereka di tengan ada yang terlihat hilang di gulung ombak tapi dalam waktu beberapa detik mereka muncul sudah membawa beranjang beranjang mereka ke daratan. walaupun tidak semuanya berhasil mendapatkan lobster di branjang-branjang mereka tapi mereka tetep ga mau menyerah dan di cobanya lagi dan lagi...hufff sangaaarrrr...:)
mungkin ombak buat mereka adalah teman bermain sekaligus rekan kerja mereka ..luar biasa..:) salut buat mereka..!!

seberani itukah orang-orang di situ untuk dapat menghidupi keluarganya dengan cara menerjang ombak besar dan nyawa mereka adalah taruhanya??

Komentar

  1. bot-bote wong golek pangan yo Mas?

    saya apresiasi untuk para pahlawan keluarga ini. semoga diberi naungan keselamatan buat mereka. anak-anak dan istrinya menunggu di rumah, dan bahagia saat suaminya pulang dengan membawa hasil memuaskan.

    BalasHapus
  2. luar biasa tenan pak carane golek pangan mereka..bener2 hero buat keluarga mereka

    amin..

    BalasHapus
  3. coba ah....

    kalo bapak-bapak yan g cari sarang burung walet di tebing2 gua gitu..di mana ya? :)

    BalasHapus
  4. Tiya di daerah gunungkidul ada, tapi aku belum pernah lihat langsung cuma liat di tv :)

    BalasHapus
  5. Pantai2 dsn msh bersih ya jd cantiek dliat

    BalasHapus
  6. mega: tapi derawan juga bagussss :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Berkomentarlah tanpa masalah..

Postingan populer dari blog ini

of monsters & men - little talks

si bos kuda lari

Tongging dan Uang Kertas Seribu Rupiah Tahun 1992