Kota Sawahlunto

jalana kota sawahlunto

What's your travel plan in 2015..?

Sawahlunto, ya.. mengunjungi sebuah kota yang dulu sering saya dengar ketika masih duduk dibangku sekolah dasar SD dan SMP. Sebuah kota yang dikenal dengan tambang batu baranya kala itu dan sebuah kota yang terkenal dengan orang-orang rantainya.

Dan resolusi saya pada tahun 2015 ini tempat yang harus saya kunjungi pertama adalah Sawahlunto, tempat yang dari dulu bikin saya penasaran dan ingin saya kunjungi. Dan beberapa hari yang lalu akhirnya saya berkesempatan mengunjungi kota sawahlunto, kota yang dari dulu sangat ingin saya kunjungi. Saya masih ingat sekitaran tahun 2000an saya pernah memnbaca sebuah artikel di internet, dalam artikel tersebut kota sawahlunto disebutkan "salah satu kota yang dulunya pernah berjaya dan sekarang menjadi kota mati". 

Sejarah Singkat Kota Sawahlunto

Kota sawahlunto adalah salah satu kota di Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Kota yang terletak 95 km sebelah timur laut kota Padang ini dikelilingi oleh 3 kabupaten di Sumatera Barat yaitu Kab. Tanah Datar, Kab. Solok dan Kab. Sijunjung. Pada masa Pemerintahan Hindia Belanda kota Sawahlunto dikenal sebagai kota tambang batu bara. Saat ini Kota Sawahlunto berkembang menjadi kota wisata tua yang multi etnik sehingga menjadi salah satu kota tua terbaik di Indonesia. Dikota yang didirikan pada 1 Desember 1888 ini banyak berdiri bangunan-bangunan tua peninggalan Belanda. Sekarang bangunan-bangunan tua yang ada di Kota Sawahlunto telah ditetapkan sebagai cagar budaya oleh pemerintah setempat dalam rangka mendorong pariwisata dan mencanangkan Sawahlunto sebagai "Kota Wisata Tambang yang Berbudaya"

Sebagai kota kecil, pada tahun 2014 lalu sebuah majalah berita nasional di jakarta memilih Sawahlunto sebagai kota kecil paling layak huni di Indonesia. Bukan hanya itu pada tahun yang sama Sawahlunto dinobatkan pemerintah sebagai kota yang tingkat kemiskinanya terendah kedua di seluruh Indonesia setelah Denpasar Bali, 

Maka saya sempat heran, dikota ini selama dua hari saya tidak menemukan pengamen, peminta minta bahkan di sepanjang jalan protokol dan di tempat-tempat wisata dikota ini saya tidak menemukan tukang parkir di jalanan. Selain kotanya bersih dan tertata dengan rapih kota ini memang sangat aman.

saya dan gerbong kereta tua sawahlunto :)

Tulisan ini diikutsertakan dalam kompetisi yang diadakan di blog pergidulu



Komentar

  1. saya suka banget sama foto yang di gerbong kuno itu Mas. eksotik banget beneran

    BalasHapus
  2. hehe saya juga suka foto saya yg ini pak, gerbong kereta apinya sepintas mirim kaya yg di film "The Great Train Robbery" hehe

    BalasHapus
  3. Kalo mudik ke Bukit Tinggi, suka mampir ke Sawah Lunto. Kota kecil yang tertib. ^^. Jadi pengen melipir ke Sumatera Barat lagi.

    mampir ya mas : http://bit.ly/18vjFR9
    Salam Kenal :)

    BalasHapus
  4. Wah kelihatannya masih sangat natural sekali ya tempatnya.

    BalasHapus
  5. Mba Astari: hehe salam kenal ya mba, jadi pengen melipir ke bukit tinggi aku :)

    BalasHapus
  6. Kata Mutiara Bijak : iya masih bersih n tertip kotanya :)

    BalasHapus
  7. Wah sumatera! tahun depan rencana road trip keliling sumatera, mungkin kota ini bisa masuk ke bucket list, nice inpoh mas!

    Kunjungan balik dong hehe http://irhamfaridh.blogspot.com/2015/01/my-dream-plan-in-2015.html?showComment=1422609930950#c2947846273881015674

    BalasHapus
  8. Irham Faridh : kalo besok jadi trip ke sumatera kalo ada waktu sempatkan mampir ke sawahlunto mas... :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Berkomentarlah tanpa masalah..

Postingan populer dari blog ini

of monsters & men - little talks

si bos kuda lari

Tongging dan Uang Kertas Seribu Rupiah Tahun 1992