Air Terjun 7 Bidadari

by Jumat, Juni 08, 2012 4 komentar


Mitos perempuan cantik berambut panjang dari kayangan mengiringi cerita ke indahaan air terjun yang oleh warga sekitar di sebut “ Jurug tujuh bidadari”. Konon , sejumlah bidadari pernah mampir untuk mandi di sebuah jurug atau air terjun di dusun keseneng. Desa keseneng, kecamatan sumowono, kabupaten semarang. Ya wajar saja kalo para bidadari tersebut tertarik ke air terjun tiga susun setinggi kurang lebih 10 meter tersebut karna airnya yang jernih, segar dan udaranya sejuk. Cerita turun temurun ini memang layak mewakili kesegaran air terjun yang jatuh di selah-selah batu. Bukan hanya terdapat air terjun, di lokasi atas air terjun juga terdapat sebuah sumber mata air yang menurut para penduduk sekitar percaya bahwa sumber air tersebut tidak akan kering walau pun musim kemarau panjang datang, bukan hanya itu, menurut kepercayaan warga asli sekitar jika kita membasuh muka atau badan kita atau meminumnya segala penyakit bisa sembuh dan bila kita bertuah apa yang kita inginkan insyaallah terkabul...(tapi jangan di jadikan syirik) hehehe dan warga sekitar menamakan sumber air tesebut “ air bertuah”. Air terjun yang terletak di sebelah barat bandungan ini masih alami. Jalan setapak tanah yang berada di antara rindangnya pohon bambu menghantarkan perjalanan menuju lokasi air terjun ini tambah menarik. Dengan di kelilingi pepohonan dan persawahan membuat pemandangan terasa indah dan damai.. tidak jauh dari tempat itu , gemricik air di pertemuan dua sungai, yaitu sungai kali banteng dan kali beringin memecah kesunyian. Sebuah perpaduan yang pas bagi para pecinta alam,sepeda gunung dan fotografi. mungkin buat teman-teman yang merencanakan jalan-jalan ke semarang tidak ada salahnya mengunjungi tempat ini (air terjun 7 bidadari) dengan menempuh jarak sekitar 1 jam an dari kota semarang :) 

Waktu saya pertama kali ke tempat itu masih belum ramai dan belum ada retribusi untuk tiket masuk (1 tahun yang lalu) tapi sekarang setelah di kelola oleh masyarakat sekitar dan untuk pembangunan prasarana masjid,toilet dan tempat parkir pengunjung yang datang di kenakan biaya tiket masuk 1.500 sudah termasuk parkir motor dan 5.000 untuk yang membawa mobil..cukup murahkan?? :)

#indonesia itu indah kawan :)

pachrur huda

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

4 komentar:

  1. iya, masih teringat saat saya main ke sana. tahun 1997 kalo gak salah. ya ampun, nama sumowono kembali saya ingat sekarang..

    BalasHapus
  2. hehehe tempat yang indah dan masih sangat alami ya pak..

    dan ternyata pak zac lebih duluan menyambangi air terjun itu :)

    BalasHapus
  3. ak belum pernah,,,,spetina bgs :)

    Air terjun7 bidadari"... salah satu Bidadarinya terdampar di Kalimantan hahhah :D

    BalasHapus
  4. kl terbang ke kalimantan brarti jadi 8 bidadari di air terjun :D

    BalasHapus