Tongging dan Uang Kertas Seribu Rupiah Tahun 1992

Tongging saat cerah dan mendung
Pertamana kali saya mendengar saya akan ditugaskan dipulau sumatera dan hari itu juga saya bercerita dengan seseorang yang saya temui di sebuah kedai donat di stasiun kereta api pasar senen jakarata. Dia mengatakan "kamu harus ke danau toba nanti" dia bilang bahwa danau toba sangat indah :)

Disamping rasa penasaran tentang danau toba, saya juga memiliki rasa penasaran lain juga tentang danau toba. Tentang gambar danau toba yang berada di uang kertas seribu rupiah tahun 1992. Rasa penasaran saya tentang danau toba adalah apakah tempat yang digambarkan di uang kertas pecahan seribu rupiah itu memang benar ada keberadaanya? atau hanya sebuah gambar danau toba semacam lukisan yang lalu di tuangkan di dalam uang pecahan seribu rupiah yang berwarna biru itu?

Setelah berada disumatera 2 bulan, untuk pertama kalinya saya melihat secara langsung danau toba, sebuah danau yang sangat besar, indah dan megah. Tapi sayang kunjungan pertama kali saya ke danau toba  kurang beruntung, selain belum mendapatkan jawaban tentang kebenaran lokasi atau spot pengambilan gambar yang ada di uang seribu itu saat itu juga perjalanan saya menyebrangi danau toba mengalami sedikit insiden yang agak bikin sedikit trauma sampai sekarang. (kapan2 saya akan bercerita tentang insiden itu)

Selang beberapa bulan, saya mengunjungi danau toba lagi dan pencarian saya tentang spot danau yang ada di uang seribu itu juga belum ketemu. Sempat tanya sama teman di jakarta yang katanya dia pernah mengunjungi danau toba dan tahu tempat yang tergambar di uang seribu itu. Menurut teman saya itu jika saya ingin melihat danau toba yang tergambar di uang pecahan kertas seribu rupiah itu saya harus ke kota Balige, dari situ katanya saya bisa menemukan gambar danau toba yang tergambar di uang kertas itu. 

Tapi selang beberapa bulan, saya berkenalan dengan seorang wanita asal sidikalang yang tinggal di kota medan. Dia sudah "Hampir Katam" dan tahu tentang tempat-tempat yang indah jika kita mau lihat danau toba, saat itu juga saya menanyakan tentang gambar danau toba yang ada di uang kertas seribu rupiah, dan dia menjawab dengan yakin bahwa dia tahu dan sudah pernah ketenpat tersebut. Tapi tidak sama dengan yang diceritakan teman saya yang dijakarta yang dia bilang bahwa lokasi yang tergambar di uang kertas itu berada di daerah Balige, tapi teman saya yang dari Medan itu bilang bahwa tempat yang ada di uang kertas itu berada di sekitaran Air Terjun Sipiso piso. Tapi saya masih condong dengan kata teman saya yang dari Jakarta karena dia sempat mengirimkan foto gambar danau toba yang dia ambil dari daerah Balige. Alhasil teman saya yang dari medan mengajak saya untuk membuktikan siapa yang benar.. Tapi saya masih ngeyel kalo gambar yang ada di uang seribu itu ada di daerah Balige hehehe maaf ya Chris saya ngeyel waktu itu, soanya belum lihat secara langsung :)

Dan untuk ke tiga kalinya saya akan mengunjungi danau toba dengan teman saya Christina yang dari Medan, dan berharap rasa penasaran saya tentang keberadaan danau toba yang ada di uang kertas seribu itu terjawab hari itu. Bertemu di simpang merek yang berdekatan dengan kota Brastagi saya janjian dengan Cristina, Hari itu saya akan diajak ketempat yang dijanjikan dia dan yang diyakini dia bahwa gambar danau toba yang berada di uang kertas pecahan seribu rupiah itu berada. Dan sampailah kita di lokasi yang menurut christina disinilah gambar danau toba yang berada di uang kertas pecahan seribu rupiah tahun 1992 diambil, Tongging nama daerah itu, saya duduk dan mengamati danau toba dari situ sembari mengeluarkan uang kertas pecahan seribu rupiah dan mencocokan gambar yang ada di uang tersebut dengan pemandangan danau toba yang ada didepan mata saya. hhmmmm... setelah beberapa menit saya mengamati dan mencocokan gambar dengan pemandangan yang ada didepan saya, saya baru percaya disinilah lokasi yang tergambar di uang kertas seribu rupiah itu, dan penasaran saya akan gambar danau toba yang ada diuang kertas tahun 1992 terjawab sudah. Saya yakin bahwa gambar danau toba yang ada di uang seribu rupiah itu diambil di sini (Tongging) nama daerahnya hehehe :) dan saya kalah taruhan dengan christina traktir mie goma, spagetinya orang batak :)

Pemandangan Tongging dan Uang Seribu Rupiah

Komentar

  1. bagus banget ya Mas, danaunya.
    membuat kita terinspirasi dan mengagumi semua ciptaan Tuhan.

    BalasHapus
  2. hehe iya pak zack, dan ternyata banyak sisi indah yang bisa kita nikmati dari kebesaran TUHAN pak :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Berkomentarlah tanpa masalah..

Postingan populer dari blog ini

of monsters & men - little talks

si bos kuda lari