Kereta alias Bentor

Oke langsung aja... pas pertama kali dateng di sini (sumatera) saya dari medan langsung menuju kota pematangsiantar dengan bawaan lumayan berat tas carrier 100liter penuh tas carrier 30liter juga penuh dan tas kamera. di sepanjang perjalanan ke pematangsiantar ada yang menarik perhatian saya, ya disini becaknya pake motor semua :) sering di sebut bentor. tapi orang-orang sini menyebutnya bukan bentor tapi kereta mereka menyebutnya hehehe kalo di jawa yang namanya kereta itu transportasi yang menggunakan lintasan rel. setelah beberapa bulan disini dan mengunjungi beberapa kota ternyata becak/keretanya semuanya menggunakan motor, tapi dari sekian kota yang ada di sumatera utara mungkin hanya ada 2 kota yang memiliki becak/kereta yang khas yaitu di kota pematangsiantar dan padangsidimpuan. yang menjadi ciri khasnya adalah motor yang menarik rangkaian tempat duduk si penumpang.


  • Kereta/Bentor di kota pematangsiantar
Di kota ini motor yang di gunakan untuk menarik rangkaian tempat duduk penumpangnya menggunakan motor kuno BSA (Birmingham Small Arm) motor buatan inggris ini di produksi sekitar tahun 1940an bahkan sampai sekarang keberadaan motor tersebut di kota siantar masih banyak dan hampir keseluhanya di gunakan sebagai alat transportasi umum becak/kereta dan di kota pematangsiantar saja motor antik BSA ini dugunakan sebagai alat transportasi umum becak/kereta di indonesia.

Becak BSA pematangsiantar

  • Kereta/Bentor di kota padangsidimpuan
Beda lagi kalau di kota padangsidempuan, disini kereta/bentornya menggunakan kendaraan vespa yang usianya juga tua-tua :) dan disini lebih kecil ukuran bentor/keretanya di bandingkan dengan kota pematangsiantar dan warnanya sangat meriah alias rame banget warnanya.

Becak Vespa Padangsidimpuan

Oh iya ada lagi yang unik di kota deket parapat, ada kota bernama Balige disitu pak polisi berpatroli menggunakan kendaraan serupa dengan Bentor yang ada di kota-kota di sumatera utara, jadi lucu aja ngelihatnya waktu pak polisi patroli di dalem kendaraanya ada pak polisinya juga nangkring di dalem :). jadi ngebayangin misal ada kejahatan di jalan trus mereka kejar-kejaran sambil ngidupin lampu sirine yang diatas hehehe 

nih kendaraan patrolinya 

Dan rasanya enak banget pas kita naek dan duduk di dalem rumah-rumahan kecil itu, rasanya MENTUL-MENTUL karena suspensinya sangat istimewa :)

Komentar

Posting Komentar

Berkomentarlah tanpa masalah..

Postingan populer dari blog ini

of monsters & men - little talks

si bos kuda lari

Tongging dan Uang Kertas Seribu Rupiah Tahun 1992