Cerita batu gantung di parapat toba

gambar batu gantung

Sedikit bercerita tentang asal mula bantu gantung di kota parapat di pinggiran danau toba yang saya dengar dari cerita-cita warga sekitar.

Jika kita hendak menyebrang ke pulau samosir biasanya kita akan di lihatkan dimana letak bantu gantung itu berada, lataknya di sebuah tebing di pinggiran danau toba.

menurut cerita yang saya dengar, pada dahulu kala hiduplah seorang gadis cantik bernama seruni yang berasal dari keluarga petani di pinggiran danau toba. jadi waktu itu menurut cerita gadis cantik tersebut memiliki piaraan seekor anjing yang sangat setia dengan majikanya hingga kemana aja sang majikan pergi pasti sang anjing itu selalu menemani sang majikan. hingga pada saat itu sang gadis cantik tersebut terlihat murung beberapa minggu terakir, sang gadis lebih banyak menghabiskan waktunya untuk melamun di sekitaran tebing di pinggir danau toba. dan yang bikin sang gadis cantik ini sering melamun adalah dia akan dijodohkan orang tuanya ke pemuda pilihan orang tuanya, sementara sang gadis cantik sedang menjalin kasih dengan seorang pemuda yang dia sayangi. sang gadis pun bingung antara ingin menyenangkan orang tuanya dengan menikahi pria yang telah dipilihkan orang tuanya, disisi lain sang gadis sangat mencintai pria pilihanya yang mereka sudah lama saling memadu kasih. sampai pada akirnya sang gadis tidak kuat memikirkan permasalahannya itu dan sang gadis berlari menuju tebing yang curam untuk mengakiri hidupnya dengan cara melompat ke danau toba. Tapi sebelum mencapai tebing itu seruni terperosok ke dalam lubang batu besar yang sangat dalam dan anjing piaran itu melihat seruni terperosok ke dalam lubang batu besar dia lari pulang untuk memberitahukan bahwa seruni dalam bahaya, seketika itu juga kedua orang tua seruni dan tetangga berlari menuju lubang dimana seruni terperosok kedalamnya. karena hari mulai gelap yang terdengar dari lubang itu hanyalah suara seruni yang lirih mengucapkan kata "parapat....parapat batu parapat...." maksud dari ucapan seruni adalah dia berharap batu lubang itu merapat dan menghimpit dia sampai mati. tetapi sebelum batu itu merapat terjadi sebuah gempa yang sangat besar sehingga orang tua seruni dan tetangga saling berhamburan untuk menyelamatkan diri masing-masing. setelah gempa itu berhenti keesokan harinya lubang besar dimana seruni terperosok semalam sudah mulai menutup dan tebing-tebing di sekitar pada rontok, di antar tebing-tebing yang rontok itu muncul sebuah batu yang menyerupai manusia yang sedang menggantung di sebuah tebing, dari situlah orang tua dan warga setempat mempercayai batu yang menggantung di tebing tersebuat adalah si seruni yang hilang terperosok di dalam lubang batu semalam. hingga sekarang cerita tersebut masih di percaya hingga sekarang dan nama kota parapat sebuah kota kecil di pinggiran danau toba di ambil dari rintihan seruni yang memohon batu itu untuk merapat menghimpit tubuhnya. 

Komentar

  1. http://beritamurnivip99.blogspot.com/2017/11/hidup-di-air-hingga-musnahnya-nyamuk.html
    http://beritamurnivip99.blogspot.com/2017/11/film-keluarga-tak-kasat-mata-hadirkan.html
    http://beritamurnivip99.blohttpgspot.com/2017/11/pengabdi-setan-bakal-hantui-as-dan.html
    http://beritamurnivip99.blogspot.com/2017/11/lama-absen-ariel-tatum-akhirnya-kembali.html
    http://beritamurnivip99.blogspot.com/2017/11/kagum-ivan-gunawan-pamer-lekuk-tubuh.html
    http://beritamurnivip99.blogspot.com/2017/11/pernikahan-batal-pada-h-7-vanessa-angel.html
    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At Dominovip.com ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : D8809B07 / 2B8EC0D2
    - Skype : Vip_Domino
    - WHATSAPP : +62813-2938-6562
    - LINE : DOMINO1945.COM
    - No Hp : +855-8173-4523

    BalasHapus

Posting Komentar

Berkomentarlah tanpa masalah..

Postingan populer dari blog ini

of monsters & men - little talks

si bos kuda lari

Tongging dan Uang Kertas Seribu Rupiah Tahun 1992